Komponen Utama yang Wajib Diperhatikan pada Laptop



Berawal kira 6 tahun yang lalu, untuk sebuah kepemilikan laptop masih dibilang cukup mewah jika dibandingkan sekarang. Waktu itu harga laptop masih mahal, dan hanya orang-orang tertentu dan yang berduit lebih yang punya laptop. Tapi kini secara perlahan-lahan, pengunaan laptop/notebook mulai mengalahkan pengunaan komputer desktop saat ini. Alasannya adalah karena harga laptop sudah terjangkau oleh berbagai kalangan.
Berbicara laptop ada beberapa faktor yang yang turut mempengaruhi, diantaranya adalah merekm kualitas, komponen, ukuran dan lain-lain. Semacam pertanyaan umum mungkin bisa saja terlontar kepada anda, dan sebelum bertanya kepada orang lain, ada yang harus ditanyakan kepada diri anda sendiri? Pertanyaan umum itu mungkin seperti ini, “ Untuk keperluan apa laptop itu nantinya?” sebuah pertanyaan yang simpel dan sederhana. Berdasarkan pertanyaan itu, apakah anda hanya mengunakan laptop untuk membuka facebook, cek email, atau mengetik sambil dengarin MP3 kesukaan anda. Jika memang begini keadaannya, maka anda tidak perlu laptop dengan video card tercepat, kapasitas besar, atau speksifikasi lain yang lebih cocok untuk gamer. Selain anda bisa menghemat uang anda, dan membeli laptop yang sesuai dengan kegiatan yang anda miliki tersebut.
Seiiring berjalannya waktu, dan teknologi saat ini, sudah mulai banyak bermunculan produk-produk komponen laptop yang ukurannya semakin kecil dan semakin hemat daya. Jadi selain bisa membuatnya menjadi lebih portabel, suara yang dihasilkan bisa semakin sunyi dan panasnya semakin berkurang.
Berikut ini adalah komponen yang wajib diperhatikan. Jika anda tidak begitu mengerti, tentang teknis komputer, saya akan mencoba menyajikan untuk anda dengan bahasa sesederhana mungkin. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
Processor
Apa sih processor itu? Processor merupakan salah satu komponen atau otak utama dalam sebuah komputer. Di situlah semua kalkulasi yang dilakukan oleh oleh komputer terjadi. Oleh karena itu, processor menjadi komponen paling utama yang wajib diperhatikan. Processor diukur dalam GHz. Misalnya 1,8 atau 2,16 Ghz. Angka tersebut menentukan beberapa cepat processor itu menangani intruksi dalam cycle per second. Selain kecepatan, jumlah core processor juga jadi hal penting. Core adalah inti processor. Jadi apabila processor yang anda miliki saat ini dua core, maka secara teori itu sama saja seperti mengunakan dua bua inti processor yang ditanamkan dalam satu komputer.
Saat ini, seiring perkembangan core yang digunakan dalam satu komputer, Intel berada di depan dalam keunggulan performa processor, diikuti oleh AMD. Processor yang berbasis Intel Core 2 baik Extreme, maupun Duo berada paling atas dalam urusan peforma, baru diikuti oleh processor AMD Turion 64 X2. Spesifikasi dan komparasi antara kedua processor tersebut dapat anda lihat di situs www.tomshardware.com/charts/mobile-cpu-charts/benchmarks.19.html
Memory
Ketika anda ingin membeli sebuah laptop, anda pasti ditawarkan produk dengan kapasitas memory yang berbeda-beda. Pertanyaan anda timbul.., “Apakah dengan memory sekian MB itu sudah cukup?” Cukup tidaknya kapasitas memory, bisa diukur dari pengunaan OS dan jenis aplikasi yang nantinya akan anda pakai. Misalnya, ingin mengunakan OS Windows Vista, yang seperti kita ketahui membutuhkan memory minimal 512 MB. Maka anda bisa mencari atau anda harus membutuhkan memory setidaknya minimal 1 GB. Karena jika sistem mengalami kekurangan memori, ia akan memanfaatkan harddisk sebagai penganti memory. Dan itu bisa memperlambat peforma komputer. Inti utamanya adalah semakin banyak memory yang dimiliki atau terpasang dalam sebuah komputer, maka semakin bagus. Dan memory pada komputer atau laptop bisa ditambah di kemudian hari.
Harddisk
Saat ini, ada dua jenis media penyimpan, yaitu harddisk dan SSD (Solid State Drive). Bila bicara masalah keunggulan performa, SSD lebih unggul karena lebih cepat, sunyi dan kosumsi dayanya lebih rendah daripada harddisk tradisional yang biasa kita pakai. Namun harga SSD saat ini masih sangat mahal. Oleh karena itu, laptop sekarang umumnya masih mengunakan harddisk. Untuk kapasitas sendiri, bila Anda akan memakai laptop tersebut untuk menyimpan video, musik, dan foto, maka carilah harddisk berkapasitas besar, misalnya 320 GB. Tapi seadainya tidak besarpun tidak menjadi masalah, sebab saat ini sudah banyak harddisk protabel berkapasitar besar yang bisa dijadikan tempat penyimpan cadangan. Selain itu, harddisk juga bisa di-upgrade dikemudian hari.
Video Card
Ada dua jenis video card yaitu Integrated dan dedicated. Video card integrated adalah jenis video card yang memorynya memanfaatkan memory utama (RAM). Sedangkan dedicated mengunakan memory sendiri. Untuk peformanya, jelas lebih bagus yan dedicated. Oleh karena itu video card dedicated lebih cocok untuk penguna game. Tapi bukan berarti yan integrate tidak bisa dipakai game. Tetapi Cuma game berat. Di situs www.notebookcheck.net/Mobile-Graphics-Cards-Benchmark-List.844.0.html disini Anda bisa melihat daftar benchmark terhadap video card untuk laptop atau mobile GPU.
Berdasarkan Ukuran Layar
Selain komponen, ukuran layar juga turut mempengaruh besar terhadap harga.
  • Desktop Replacement: laptop yang berada di kategori ini adalah laptop dengan layar ukuran 14 dan 15 inci. Kategori ini merupakan yang paling umum, dan paling banyak produknya. Laptop di kategori hampir ideal untuk segala jenis penguna, baik itu untuk pebisnis, pelajar, gamer dan yang lainnya. Jangkauan harganya pun sangat beragam. Mulai dari 5 juta sampai di atas 20 juta, tergantung komponen dan fitur yang diusung.
  • Ultraportable: yang berda di kategori ini adalah laptop dengan ukuran 11-13 inci. Laptop kategori ini umumnya ditujukan untuk kalangan pebisnis atau yang sering melakukan perjalanan. Jika Anda pikir harnya lebih murah dari Desktop Replacement, maka anda salah. Pada umumunya, laptop ultraportable harganya lebih mahal. Baterainya pun lebih awet, dan bobotnya lebih ringan daripada Desktop Replacemet.
  • Notebook: terinspirasi dari OLPC, laptop yang ada di kategori ini memiliki layar 7-10 inci. Saat ini, umumnya netbook mengunakan processor Intel Atom. Walaupun begitu, notebook hanya cocok untuk pengunaan komputer yang ringan seperti browsing, chatting, mengetik, dan pekerjaan-pekerjaan sederhana lainnya. Notebook juga memiliki keterbatasan hardware, seperti tidakadanya drive optik dan touchpad yang kecil.
  • Gaming: Laptop untuk gaming biasanya memiliki layar berukuran 16 inci ke atas. Tujuannya agar saat bermain game, tampilannya lebih jelas dan lebih besar. Laptop kategori ini juga umum digunakan untuk aktifitas multimedia seperti video editing.
Untuk mengetahui ukuran layar notebook Anda bisa mengunjungi situs www.prismo.ch/comparisons/notebook.php atau www.notebookreview.com/default.asp?newsID=2549
Sumber:pcmild

Komentar

Postingan Populer